Rekayasa Perangkat Lunak

Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Pelayaran Wira Samudera dirancang untuk membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan dalam pengembangan perangkat lunak yang berkualitas. Program ini mempersiapkan siswa menjadi profesional di bidang teknologi informasi yang mampu merancang, mengembangkan, dan mengelola perangkat lunak untuk berbagai kebutuhan industri, bisnis, serta kebutuhan masyarakat yang terus berkembang di era digital.

Standar Kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak

Melalui Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak, SMK Pelayaran Wira Samudera bertujuan untuk melahirkan lulusan yang memiliki keterampilan teknis yang solid, kemampuan berpikir kreatif, dan siap untuk berkarir dalam industri perangkat lunak dan gim yang terus berkembang.

Siswa yang mengikuti program RPL akan mempelajari berbagai aspek pengembangan perangkat lunak, mulai dari pemrograman dasar hingga tingkat lanjut, analisis sistem, desain dan pengembangan aplikasi, pengujian perangkat lunak, hingga pemeliharaan dan pengelolaan proyek teknologi informasi. Bahasa pemrograman seperti Java, Python, PHP, C#, serta penguasaan database seperti MySQL dan PostgreSQL menjadi bagian dari kurikulum untuk memastikan siswa siap menghadapi tantangan teknologi masa kini. Selain itu teknologi tentang framework terbaru seperti Laravel, CodeIgniter, Bootstrap, Tailwind, dan Flutter juga diajarkan.

Selain penguasaan teknis, siswa juga diajarkan metodologi pengembangan perangkat lunak, seperti Agile dan Scrum, yang banyak digunakan dalam industri saat ini. Mereka juga dibekali dengan keterampilan dalam analisis kebutuhan pengguna, pemecahan masalah, serta penerapan teknologi terkini seperti kecerdasan buatan (AI), big data, dan pengembangan aplikasi berbasis web maupun mobile.

Proses pembelajaran di SMK Pelayaran Wira Samuderatidak hanya menekankan pada teori, tetapi juga praktik langsung melalui proyek pengembangan perangkat lunak. Siswa diberikan kesempatan untuk membuat aplikasi nyata yang bermanfaat, baik untuk komunitas sekolah, masyarakat, maupun dunia usaha. Selain itu, program magang di perusahaan teknologi atau startup digital menjadi bagian integral dari kurikulum, sehingga siswa dapat merasakan pengalaman kerja di industri dan memahami kebutuhan serta standar yang berlaku di dunia profesional.

Peluang kerja lulusan pengembangan perangkat lunak dan gim antara lain:

  1. Programmer
  2. Game developer
  3. Mobile app developer
  4. UI/UX Designer
  5. Game Designer
  6. DevOps Engineering
  7. Game tester/Quality Assurance (QA) Tester
  8. Full-stack Developer
  9. Freelancer atau indie developer
  10. Artificial Intelligence (AI) Engineering
  11. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) Developer
  12. Cloud engineer
  13. Cybersecurity specialist