http://192.168.1.4/smkpws/wp-content/uploads/2017/11/42-2.jpg

Apel merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di SMK Pelayaran Wira Samudera yang selalu dilakukan 3 kali dalam sehari secara rutin, yaitu Apel pagi, Apel sore (apel pulang), dan Apel malam (pemeriksaan pasukan). Kecuali hari senin apel dilakukan hanya 2 kali saja karena pagi hari sudah dilaksanakan upacara jadi hanya dilaksanakan apel sore dan apel malam.

Rangkaian kegiatan Apel pagi yaitu penaikan bendera, yang dilakuakan oleh Staf Batalyon dan biasanya yang bertugas adalah Polisi Taruna (Poltar) dan yang mengambil penaikan merupakan Komandan Pleton (Danton) secara bergantian. Kemudian langkah defile dan hormat kanan yang dipimpin oleh Komandan Pleton sebanyak 3 kali. Setelah itu baru dilaksanakan apel pagi yang biasanya diambil oleh Lembaga Musyawarah Taruna (Lemustar), didalam apel biasanya Lemustar memberikan amanat kepada taruna taruni yang sebelumya telah disampaikan oleh Ketarunaan. Setiap hari senin dan kamis biasanya terdapat pemeriksaan semua atribut dan kelengkapan taruna taruni yang dilakukan oleh Polisi Taruna.

Apel sore (apel pulang) merupakan kegiatan yang dilakukan seteah KBM selesai dilaksanakan. Perbedaan dari apel pagi hanya pada penaikan bendera yang diganti dengan penurunan bendera dan semua yang bertugas tetap.

Apel malam (pemeriksaan pasukan) adalah kegiatan yang dilakukan pada malam hari sebelum taruna taruni beristirahat di barak masing-masing. Apel malam hanya dilaksanakan untuk memeriksa jumlah pasukan dan memberikan pengumuman untuk semua kegiatan yang akan dilaksanakan besok.

Di SMK Pelayaran Wira Samudera menerapkan kegiatan Apel adalah salah satu cara untuk membuat Taruna Taruni menjadi lebih disiplin. selain menjadi melatih kedisiplinan para taruna dan taruni smk pelayaran wira samudera juga melatih kekompakan dan rasa tanggung jawab yang diemban setiap masing-masing taruna dan taruni.

Kegiatan apel di SMK Wira Samudera ini akan dan terus dilakukan, mengingat apel ini merupakan acara yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *