http://192.168.1.4/smkpws/wp-content/uploads/2017/11/42-2.jpg

Pada hari Minggu,14 Juli 2019 SMK Pelayaran Wira Samudera Semarang kami manjadi calon taruna taruni baru Angkatan X atau yang disebut dengan catar/catir kami mulai datang ke kampus dan melaksanakan kegiatan awal yaitu apel siang untuk pengecekan pasukan dan pembukaan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah). Kami semua tinggal di asrama sekolah dengan fasilitas yang mencukupi, dan makan kami bersama dengan catering. Setiap pagi kami olahraga besama dengan panduan staf batalyon.
Hari pertama dimulai dengan peraturan-peraturan baru yang diberikan oleh ketarunaan dan staf/senior, kami mulai mengerti aturan baru yang di terapkan di SMK Pelayaran Wira Samudera yang berpendidikan semi militer. Kami diajarkan bagaimana cara makan yang benar seperti duduk tegap, sendok menghampiri mulut, juga penerapkan hirarki kepada atasan, guru, dan senior. Melatih kedisiplinan, jiwa korsa, bertanggung jawab dan selalu siap dalam kondisi apapun.
Hari kedua dan ketiga kami mendapat arahan dari para pengasuh seperti TNI AL, Kepolisian, Ketarunaan, Guru dan Senior. Kami diajarkan PBB, yel-yel penyemangat, dan olahraga fisik seperti push up, pull up, sit up, back up, dll. Pada awalnya kami mengeluh dengan kegiatan yang ada karna membuat lelah tetapi kami tetap semangat dan kami terbiasa dengan kegiatan-kegiatan tersebut.
 
Hari keempat sampai hari ketujuh taruna/i melaksanakan MADABINTAL (Masa Dasar Bimbingan Mental) kami di gembleng dari fisik yang lemah menjadi kuat . Mental yang penakut menjadi bermental baja yang berani kepada keadaan apapun. Kami diajarkan untuk individualisme saling menghargai menyayangi dan menghormati antar sesama dan menjaga kekompakan soliadaritas satu angkatan. Dan juga ketanggapan diri untuk melakukan sesuatu dari hal yang kecil seperti membersihkan lingkungan asmara sekolah (kurve) sampai ketanggapan dalam membantu atasan atau senior. Kami mengakhiri kegiatan MPLS dan MADABINTAL dengan longmarch (berjalan jauh) dari jam 1 sampai jam 6 pagi sampai di pantai marina semarang dan melakukan upacara penutupan serta mandi laut dengan mengucapkan sapta prasetya SMK Pelayaran Wira Samudera Semarang serta bersenang-senang bersama dengan ketarunaan, guru serta para senior.
Inilah pengalaman yang kami dapatkan dari awal masuk ke sekolah di SMK Pelayaran Wira Samudera pada masa MPLS sampai dengan   MADABINTAL dan adanya kegiatan ini kami menjadi taruna taruni yang tangguh berjiwa korsa, bermental baja , bertanggug jawab, disiplin, dan tahu akan banyak hal.Terima kasih untuk ketarunaan, guru-guru, serta para senior yang telah mendidik dan membina mental fisik kami sampai saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *