http://192.168.1.4/smkpws/wp-content/uploads/2017/11/42-2.jpg

Dari berbagai jenis kapal niaga yang ada, ada salah satu jenis kapal yang cukup unik jenisnya yaitu kapal tongkang/ponton atau yang dalam bahasa inggris disebut barge . kapal ini harus dibantu dengan kapal tunda atau dalam bahasa inggris tugboat, pada umumnya jenis kapal ini digunakan untuk mengangkut barang dalam sekala banyak. bentuk dari kapal ini datar dan lebar sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. karena kapal ini tidak memilki sistem mesin kapal sendiri atau dalam bahasa inggris bisa disebut self-propelled maka kapal ini sangatlah bergantung pada tugboat tersebut, maka jika saat pelayaran tugboat ini mengalami kerusakan atau permasalahan yang menyebabkan tidak bisa berjalan maka kapal tongkang ini akan berhenti karena tidak ada mesin/kapal yang menariknya. mungkin kita sering mengenal  truk gandeng yang memiliki bak tambahan dibelakangnya, nah kapal ponton ini fungsinya hampir mirip dengan bak truk gandeng tersebut.

source: prokal.co

gambar tersebut merupakan contoh kapal tongkang yang ada. untuk ukuran dari kapal tongkang/ponton sendiri memiliki ukuran yang beragam, tergntung dari fungsi dan pembuat kapal tongkang sendiri.
source: vice.com

Gambar tersebut merupakan contoh penggunaan kapal tongkang untuk mengankut batu bara antar pulau, bisa juga untuk mengakut barang seperti mobil, kayu besar, pasir, tanah, atau yang lainya untuk bisa dipindahkan ke suatu tempat ataupun antar pulau seperti di indonesia ini yang terdiri dari beribu pulau.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *