Dalam kegiatan baik diruangan maupun diluar ruangan kita tentu saja dapat mengalami kecelakan yang tidak disangka baik kecelakaan besar maupun kecelakaan yang besar. jika kita mengalami luka kecil mungkin hanya lecet dikulit cukup dibersihkan dengan alkohol steril dan biarkan kering. nah banyak dari kita yang jarang mempunyai peralatan atau kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) . Minimal dalam isi Kotak P3K berisi untuk pertolongan luka ringan, teriris, tergores, luka bakar ringan/kecil, terkena serangga, untuk isi dan jenisnya beragam dan pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Kotak P3K untuk pribadi atau rumah karena biasanya isinya lebih simpel dibandingkan isi Kotak P3K untuk perusahaan yang peraturannya dibuat oleh Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. untuk informasi saja berdasarkan peraturan Permenaker isi kotak P3K dibagi menjadi 3 golongan yakni, Kotak P3K Golongan A berisi dan digunakan oleh perusahaan yang mempunyai karyawan 25 orang atau kurang, kemudian ada Kotak P3K Golongan B ini digunakan atau ditunjukan untuk perusahaan yang mempunyai karyawan 50 orang atau kurang, dan yang terakhir ada Kotak P3K Golongan C ini digunakan atau ditunjukan untuk perusahaan yang mempunyai karyawan 100 orang atau kurang. nah untuk isi dari Kotak P3K tersebut juga berbeda, sesuai dengan golongan perusahaannya.
Untuk Kotak yang digunakan sebagai wadah perlengkapan P3K sendiri harus kedap air ini dimaksudkan agar perlengkapan yang didalam dan yang mudah rusak jika basah tetap aman. Nah untuk yang didalam list berikut ini merupakan isi dari Kotak P3K secara umum:
A. Kassa Seteril Terbungkus
B. Plester berbagai ukuran untuk merekatkan kain kassa steril
C. Antiseptik berupa larutan atau krim, untuk digunakan pada luka setelah luka dibersihkan
D. Obat pereda sakit, deman, diare, dan jangan lupa untuk dikontrol terus tanggal kadaluarsanya, jika sudah kadaluarsa segera ganti dengan yang baru.
E. Masker
F.  Sarung Tangan sekali pakai
G. Alkohol 70%
H. Gunting
I. Pinset
J. Peniti
 
Sebenarnya list perlengkapan bisa saja ditambah atau dikurangi, tergantung kondisi dan kebutuhanya. jadi itu dia perlengkapan Kotak P3K. yang penting untuk kita ketahui dan pahami, semoga bermanfaat.
 
 
 

Source: alodokter.com
              99.co

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *