http://192.168.1.4/smkpws/wp-content/uploads/2017/11/42-2.jpg

Kapal kargo curah atau kapal bulker adalah kapal  untuk dagang yang dirancang untuk mengangkut kargo curah unpackaged, seperti contoh batubara dan semen. Adapun kelebihan dari kapal ini mempunyai daya angkut yang besar.

Kapal Pengangkut Barang Curah merupakan kapal barang yang berfungsi untuk mengangkut barang-barang seperti batu bara, semen, biji-bijian, biji logam, dan sebagainya di dalam sel-sel/rongga-rongga kargo yang terpisah.

Kapal ini memiliki spesifikasi mengangkut muatan curah. Dikatakan curah karena cara meletakkan muatan dengan cara mencurahkan/menuangkan butiran/biji-bijian. Produk muatan yang berbentuk curah terdiri dari berbagai macam.

  1. Mini bulk carrier

Sebagian besar dipekerjakan, dalam pe0rdagangan pengiriman laut pendek, atau sebagai perdagangan pesisir, berfungsi juga sebagai kapal pengumpan ke kapal besar, membawa jumlah terbatas kargo curah umumnya ke pelabuhan yang lebih kecil tanpa pembatasan ukuran kapal. Beberapa dapat memuat di terminal sungai jika Draft cocok.

spesifikasi: -Berat Kosong: 3000-14,999

  -panjang:hingga 130 m

  -lebar: 10 m

  -tipe kargo: Kargo bervariasi kering, termasuk kargo(container

2. Handysize/bulker

Ukuran sedang, dapat membawa barang ke sejumlah besar pelabuhan, dapat membawa banyak barang dan jumlah barang. Secara tradisional bersama-sama dengan Handymax, para pekerja di pasar curah kering, tipe Handymax yang lebih baru dan lebih praktis tetap menjadi kapal yang populer dengan kurang dari 60.000 DWT. Pengangkut Handysize dan Handymax ideal untuk pengiriman kargo berbeda dari pelabuhan yang lebih kecil.

Spesifikasi: -Berat Kosong: 15,000-34,999

  -Panjang: 130-150 m

  -lebar: 10m

-tipe kargo: Sereal, batubara, baja, semen, kalium, beras, gula, gypsum, hasil   hutan, memo, belerang, garam, kendaraan.

3.Handymax dengan Crane

Pengangkut Handysize dan Handymax ideal untuk pengiriman kargo berbeda dari pelabuhan yang lebih kecil. Meskipun pembatasan terminal massal tertentu seperti di Jepang berarti bahwa banyak kapal Handymax hanya di bawah 190 meter panjang keseluruhan. Dibandingkan dengan kargo curah yang sangat besar; handysize dan handymax dapat mengangkut berbagai jenis kargo yang lebih besar.

Spesifikasi: -Berat Kosong 35,000-59,999

  -Panjang: 150-200 m

  -lebar: 11-12

  -tipe kargo: Sereal, Batubara, Baja, Semen, Kalium, Beras, Gula, Gypsum, Hasil Hutan, Kayu Bulat, Keripik Kayu, Memo, Sulfur, Garam, Kendaraan.

4. Panamax

Dimensi kapal-kapal ini ditentukan oleh dimensi ruang kunci, dan kedalaman air di Terusan Panama. Kapal terbesar yang dapat melewati kunci kanal Panama – seluas 32,2 m, LOA 289,5 m, Draft tidak lebih dari 12 mA, kapal Panamax tidak boleh melebihi dimensi ini, agar mudah dan aman masuk ke ruang kunci dan ketinggian. Jembatan Amerika di Balboa. Lebih dari 90% perlengkapan spot didasarkan pada Voyage-charter. Ukuran rata-rata kapal panamax adalah sekitar 65.000 DWT, dan dapat mengangkut sekitar 55.000T batubara.

Spesifikasi: -berat Kosong: 60,000-79,999

  -Panjang: 200-230 m

  -lebar: 13-15 m

  -tipe kargo: Biji minyak, biji-bijian, bauksit, batubara, bijih besi, fosfat, gypsum, serpihan kayu, pelet kayu, belerang.

5. Capesize:

Pengangkut curah capesize adalah pengangkut massal umum terbesar. Kapal terlalu besar untuk melintass di kanal Panama atau Suez. Dikenal sebagai kapal Capesize karena mereka harus mengelilingi Tanjung Harapan atau Tanjung Tanduk. Karena ukurannya yang besar, hanya pelabuhan besar yang dapat mengakomodasi kelas ini dalam kondisi terisi penuh. Subkategori: Suezmax, dengan kapasitas maksimum 150.000DWT, Kapal terbesar yang dapat melewati kanal Suez. Draf maksimum yang diizinkan dari kanal Suez saat ini adalah 18,90 m (62 kaki).

Spesifikasi: -Berat Kosong: 80-179,999

  -Panjag: 230-270 m

  -Lebar: 17 m

  -tipe kargo: Biji minyak, sereal, biji-bijian, batubara, bijih besi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *