http://192.168.1.4/smkpws/wp-content/uploads/2017/11/42-2.jpg

Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia Perhubungan (Pusbang) Bidang Administrasi pendidikan Kementrian Perhubungan, Erwins Fery, menyebutkan taruna SMK Wira Samudra Semarang masih bisa melaksanakan Uji Keahlian Pelaut(UKP).

Hal tersebut disampaikan dalam Visitasi Surveilance di SMK Pelayaran Wira Samudra Semarang, jumat(03/05/2019), Erwin menyebutkan taruna di SMK Pelayaran Wira Samudra yang pindah kesekolah lain lalu lantaran takut tidak bisa mengikuti UKP, Faktanya tidak seperti itu.

SMK Pelayaran Wira Samudera Semarang memliki fasilitas dan insfratruktur diatas strandart ideals sekolah pelayaran. Selain itu SMK Pelayaran Wira Samudra sudah mengantongi aproval sebagai syarat sekolah pelayaran melaksanakan UKP ditahun sebelumny. “Saya sudah tanya ke kepsek, apakah ada surat dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut memberitahu bahwa sekolah yang berkaitan disuspend?” jawabanya tidak.

Oleh karenanya setelah kegiatan visitasi hari ini kami dari pihak pusbang akan membuat surat pengantar ke DJPL supaya dilaksanakan surveilance tegasnya. Pusbang Bidang Administrasi Pendidikan Kemenhub, Riyanto mengatakan surveilance merupakan agenda tahunan yang berisi pengecekan kondisi lapangan menfenai standar yang harus dipenuhi sekolah pelayaran yang sudah mendapatkan aproval sebelumnya. Dalam ini dibawah naungan kementrian perhunbungan.

Adapun jika belum mengantongi approval maka dikatakan innitiator sebagai pemohonan uji lapangan. Lanjutnya, delapan standar yang harus dipenuhi SMK Pelayaran Wira Samudera Semarang untuk bisa melaksanakan diklat kepelautan dibidang Nuatika dan Tenika, sudah lengkap.

Adapun standar tersebut meliputi, standar sarana dan prasarana, standar pendidik dan pendidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian pendidikan dan standar kelulusan. Kepala SMK Wira Samudra Semarang,Indri Desyanti mengaku mengajukan surat permohonan surveilance ke pusbang, kemudian pihak pusbang mengecek ke lapangan terkait kesesuaian data yang diajukan sekolah sebelumnya.

Ia berharap dengan adanya visitasi oleh pihak pusbang, Surveilance bisa berjalan dengan lancar. Selain itu dihari yang sama SMK Wira Samudra melakukan promosi seleksi pencarian calon Taruna (Prosicatar) keempa kota yaitu,Kendal,salatiga,Boyolali, dan Temanggung.

original artikel at: http://jateng.tribunnews.com/2019/05/03/pusbang-kemenhub-pastikan-taruna-smk-pelayaran-wira-samudera-semarang-bisa-melaksanakan-ukp?page=all.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *